Zero Kiryu - Vampire Knight 5 Skip to main content

KD-1 Pengertian ekstensi dan dialplan pada server VOIP dan Konfigurasi pada server Softswitch

KD 1 : Konfigurasi Ekstensi dan Dialplan Server Softswitch.
1. Pengertian ekstensi pada server VOIP.
2. Pengertian dialplan pada server VOIP.
3. Konfigurasi ekstensi dan dialplan pada server softswitch.

1. Pengertian Ekstensi dan Dialplan pada Server VOIP
    Dalam sintax yang digunakan di file extensions.conf, setiap tahapan perintah dalam sebuah extension di tulis dalam format exten = extension,priority,Command(parameter) Kesimpulannya, sebuah "context" mempunyai nama, seperti "john". Setiap context, kita dapat mendefinisikan satu atau lebih "extension". Setiap extension, kita dapat mendefinisikan sekumpulan perintah. Komponen yang membangun tahapan perintah extension atau command line adalah sebagai berikut,     Extension adalah label dari extension, dapat berupa sebuah string (angka, huruf dan simbol yan diijinkan) atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokan dengan banyak kemungkinan nomor telepon. Setiap command line yang menjadi bagian dari extension tertentu harus mempunyai label yang sama.
   Priority biasanya berupa 9angka integer. Merupakan urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension. Perintah pertama yang akan dijalankan harus dimulai dengan prioritas 1, jika tidak ada prioritas 1 maka Asterisk tidak akan menjalankan perintah extension. Setelah prioritas 1 di jalankan, Asterisk akan menambah prioritas ke prioritas 2 dan seterusnya, tentunya jika tidak ada perintah yang menentukan prioritas mana yang selanjutnya harus dijalankan. Jika ternyata perintah selanjutnya ternyata tidak terdefinisi maka Asterisk akan menghentikan proses menjalankan perintah walaupun masih ada perintah dengan prioritas yang lebih tinggi.
Command atau perintah adalah "aplikasi" yang akan di jalankan oleh Asterisk. 
   Parameter adalah parameter yang harus diberikan kepada sebuah command. Tidak semua command / perintah membutuhkan parameter,  beberapa perintah dapat dijalankan tanpa parameter. Dial Plan berfungsi sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX (lokal) maupun antar IP-PBX, atau biasa disebut dial trunk. Dalam Asterisk, Dial Plan diprogram dalam satu file yang bernama extensions.conf. Secara umum, setiap ekstensi dalam Asterisk merujuk pada user tertentu yang ter-register ke Asterisk tersebut sehingga biasanya nomor ekstensi sama dengan id user.

2.Konfigurasi ekstensi pada server Softswitch

1. Konfigurasi Data Account Umum [general] -->> context umum,harus adacontext=default -->> nama context user port=5060 -->> default port untuk SIP binaddr=0.0.0.0 -->> listen semua ip_addr yg requestsrvlookup=yestos=0x18videosupport=yes


2. Konfigurasi Data Account User /Extensions;softphone -->> nama atau nomor account[101] (user/extension)type=friend -->> tipe accountusername=101 -->> login        accountsecret=101      -->> password accounthost=dynamic -->> host yang menjadi IP PBX,dpt berubahnat=no -->> tanpa NATdtmfmode=rfc2833 -->> RTP Payload for DTMF Digits, Telephony Tones andTelephony Signalsallow=all -->> mode codec, bisa semua jenis codec callerid=”sip00” -->> id clientcontext=voipkn -->> context     jaringan usercanreinvite=no -->> mekanisme canreinvitemailbox=101@voipkn -->> username@context

3. Konfigurasi dial plan server Softswitch

   Untuk mengkonfigurasi dial plan, edit file extensions.conf dengan mengetik
nano /etc/asterisk/extensions.conf.
Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah dinon aktifkan. Ketik perintah di bawah ini pada bagian paling akhir dari isi file extensions.conf.
;Dial antar ekstensi pada IP-PBX
[voipkn] -->> seluruh dial plan di bawah ini hanya berlaku bagi context „voipkn‟ exten =>101,1,Dial(SIP/101,20) -->> Dial ext 101 dengan protokol SIP, time out 20 detik
exten =>101,2,Hangup -->> setelah timeout dilakukan hangup
exten =>102,1,Dial(SIP/102,20)

exten =>102,2,Hangup

Comments

Popular posts from this blog

Materi Teknologi Layanan Jaringan kelas XII

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Halo.. selamat datang di blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi saya dan teman-teman semua.  Disini saya akan mempublikasikan tentang materi TLJ untuk kelas XII TKJ. Selalu stay tune yaaa ^^ ohh yaa.. sebelum membahas setiap KD materi, ada list materi TLJ kelas XII untuk kita tahu apa yang harus dipelajari. KD 1 : Konfigurasi Ekstensi dan Dialplan Server SoftSwitch 1. Pengertian ekstensi pada server VOIP 2. Pengertian dialplan pada server VOIP 3. Konfigurasi ekstensi dan dialplan pada server softswitch KD 2 : Prosedur Install Server Softswitch Berbasis Session Initial Protocol (SIP). 1. Pengertiap SIP. 2. Install server softswitch berbasis SIP. KD 3 : Konfigurasi Ekstensi dan Dialplan Server Softswitch. 1. Konfigurasi ekstensi server softswitch. 2. Konfigurasi dialplan server softswitch. KD 4 : Firewall Pada Jaringan VOIP. 1. Fungsi firewall pada jaringan komputer. 2. Fungsi firewall pasa jaringan

KD-7 Cara pengujian dan membuat laporan hasil install server VOIP

LAPORAN PRAKTIKUM KOMUNIKASI DATA Membangun Server VoIP Oleh  : Nama      : Nazu Inz NIS                   : 30802 Kelas       : XII TKJ 2 TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA SMK FAIRY OSAKA TOKYO 2019 A.    Tujuan 1        Siswa mengenal dan memahami VoIP untuk komunikasi suara. 2        Siswa dapat membangun sebuah server VoIP. 3        Siswa diharapkan mampu berkomonikasi menggunakan Server VoIP melalui Zoiper dalam satu jaringan. B.     Alat dan Bahan 1        Personal Komputer (minimal 2 PC). 2        Kartu Jaringan (NIC) 3        Kabel UTP mode Cross-Over. 4        CD OS LINUX DEBIAN -7.2.0-i386-DVD-1 (ISO file) 5        CD OS LINUX DEBIAN -7.2.0-i386-DVD-2 (ISO file) 6        VMware 7        Switch (utuk lebih dari 2 PC) 8        Aplikasi Zoiper/ X-Lite (disini saya menggunakan Zoiper) 9        Headphone C.    Teori Dasar Ø  Pengertian VoIP (Voice over Internet Protocol) VoIP adalah teknologi yang memanfaatka

KD-9 Cara pemeriksaan, memperbaiki dan menguji hasil perbaikan permasalahan sistem komunikasi VOIP

Permasalahan sistem komunikasi VOIP. 1. Cara pemeriksaan permasalahan sistem komunikasi VOIP. 2. Memperbaiki permasalahan sistem komunilasi VOIP. 3. Menguji hasil perbaikan permasalahan sistem komunikasi VOIP Permasalahan – permasalahan yang terjadi :  ID yang dibuat di server tidak dapat dipakai di client. Video call bisa berjalan tetapi suaranya tidak terdengar ataupun putus – putus  Konfigurasi benar tetapi audio mati (tidak terdengar) Solusi Pemecahan masalah : lihat pada domain pada menu SIP acount  setting pastikan itu adalah ip komputer  yang dijadikan server karena digunakan sebagai gateway pengaturan perangkat yang salah pada menu Option sesuaikan settingan sesuai dengan perangkat yang digunakan cek konektor kabel atau perangkatnya apakah bermasalah jika iya maka diganti dengan perangkat yang baik. Pengujian Pada komputer 1, pengujian dilakukan dengan menggunakan Ms Dos. Dengan cara mengetikkan ping (IP yg akan di cek). Kesimpulan